Psikologi UI – Back To Campus!

Psikologi UI - Back To Campus!

Bosan dengan kegiatan pengenalan kampus yang “gitu-gitu aja”?. Kontak kami untuk mengubahnya menjadi momen yang luar biasa!. Seperti yang telah kami lakukan dalam membantu Fakultas Psikologi UI pada 22-23 Agustus 2022 lalu, dalam acara pengenalan kampus bagi mahasiswa S1 angkatan tahun 2020 dan 2021.

Adanya pandemik Covid-19 di tahun 2020 menyebabkan seluruh kegiatan belajar mengajar di Pendidikan Tinggi harus dijalankan secara daring. Hal ini menyebabkan mahasiswa baru angkatan 2020 dan 2021 Prodi S1 F. Psikologi UI sejak awal kuliah belum mengenal fasilitas dan lingkungan kampus maupun melaksanakan perkuliahan secara luring di kampus.

Oleh karena itu, dirasa perlu bagi Angkatan 2020 dan 2021 untuk mendapatkan orientasi tentang kampus terkait dengan pengenalan civitas akademika, sistem pembelajaran, fasilitas yang tersedia, maupun bertemu secara langsung dengan teman se-angkatan. Hal ini perlu dilakukan mengingat adanya kebijakan dari Universitas Indonesia untuk melakukan pembelajaran tatap muka (luring) di kampus mulai semester Ganjil 2022/2023, agar mereka lebih siap dalam melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Dengan total peserta lebih dari 500 orang yang terbagi dalam 2 batch, acara pengenalan kampus ini dibuat secara berbeda. Tidak seperti biasanya, acara dirancang tidak hanya mengenal dan berkeliling kampus, namun kami memberikan sentuhan program team building bagi para peserta.

Pengenalan area dan lingkungan kampus yang terkadang terasa seperti tur yang membosankan, kami sajikan dalam bentuk gamifikasi permainan Amazing Race.

Peserta yang terbagi dalam kelompok-kelompok kecil tersebut akan mendapatkan petunjuk dan tantangan dalam mencari setiap check point yang harus dituju. Praktis, para peserta yang hadir terasa tidak hanya berjalan-jalan, tetapi juga mendapatkan serunya tantangan, timbulnya komunikasi dan bentuk kerjasama, yang membuat mereka semakin mengenal satu sama lain.   

Psikologi UI - Back To Campus!

Fasilitas yang terdapat  di lingkungan kampus Fakultas Psikologi UI seperti ruang dosen, ruang prodi, PAP, Kafe dan Kantin Sejiwa, Taman Akademos, musholla, Klinik Terpadu Psikologi dan lainnya, menjadi beberapa check point pertama bagi peserta. Dilanjutkan dengan mencari check point selanjutnya terkait fasilitas-fasilitas di lingkungan UI seperti bus kuning, stasiun kereta, Balairung, Perpustakaan UI, dan lainnya.

Psikologi UI - Back To Campus!

Tidak hanya terkait fasilitas, para peserta juga diajak untuk semakin mengenal civitas akademi Fakultas Psikologi seperti jajaran pimpinan, dosen, tenaga pendidik, satpam, dan lainnya. Kegiatan kemahasiswaan dan sistem belajar juga menjadi salah satu materi pengenalan kampus pada acara tersebut.

Psikologi UI - Back To Campus!

Sebagai acara pemuncak di hari tersebut, kembali kami memberikan sebuah sesi permainan team building yang bernama Baller Coaster yang juga seru dan menantang. Semua partisipan melebur dan bekerjasama menjadi satu tim untuk membangun sebuah lintasan bola yang akan menjatuhkan sebuah drop banner.

Psikologi UI - Back To Campus!

Tepuk tangan dan seru ceria pun menggema ketika banner itu jatuh. Rasa satu kesatuan sebagai civitas Fakultas Psikologi UI pun terlihat semakin bertumbuh.

Akhir kata, selamat datang kami ucapkan kembali bagi para peserta. Semoga sukses dalam menempuh pendidikannya.

 

© 2013-2023PT. Duage Manajemen Indonesia

Log in with your credentials

Forgot your details?