3 Kunci Program Virtual Team Building berkualitas sebagai solusi untuk membangun Tim Anda bangkit kembali dari Pandemi.

Virtual Team Building Duage Management

Program Virtual Team Building saat ini sudah menjadi pilihan utama untuk alternatif pengganti pelaksanaan Team Building tatap muka. Sebelum pandemi, umumnya kita akan melakukan kegiatan Team Building untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan kembali rasa kebersamaan antar anggota Tim. Namun, saat pandemi seperti sekarang ini, pemerintah melarang kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak sehingga kegiatan Team Building tatap muka tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu saat ini muncul inovasi pelaksanaan Team Building secara virtual dengan memanfaatkan platform meeting online seperti Zoom, Ms Teams, Google Meets dll.

Pandemi Covid-19 ini tentu membawa dampak sangat besar pada Tim kita. Tim rentan mengalami  kelelahan, merasa kesepian, rentan terhadap stress dan kurang termotivasi karena jam kerja yang tidak menentu, online meeting yang berkelanjutan, kesulitan membagi prioritas waktu, dan kurangnya kesempatan untuk bersosialisasi. Hal ini tentu berdampak pada Kerjasama dan Kinerja Tim.

Pada saat seperti ini Team Building justru semakin diperlukan karena dalam situasi krisis, Kinerja dan Produktivitas Tim perlu dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan.  Situasi, Kondisi dan Tantangan yang dihadapi oleh Virtual Team tentu berbeda. Maka Program Team Building untuk Virtual Team juga memerlukan konsep, metode dan penanganan yang berbeda juga dibandingkan Team Building biasanya.

Saat ini pelaksanaan Virtual Team Building menjadi pilihan utama karena diakui memiliki banyak manfaat seperti menumbuhkan rasa kebersamaan, meningkatkan Kerjasama, momen bersosialisasi dan saling mengenal serta berbagai manfaat lainnya yang dapat dilihat pada laman 7 Manfaat Nyata program Virtual Team Building.

Namun, hal yang menjadi kekhawatiran utama dalam melaksanakan Virtual Team Building adalah apakah mungkin membuat kegiatan team building yang hanya diikuti dari layar monitor bisa seru, heboh, menyenangkan dan bercampak nyata pada pengembangan Tim selayaknya pelaksanaan Team Building tatap muka. Melalui artikel ini kami ingin membagikan bagaimana kami merancang program Virtual Team Building yang telah diikuti oleh lebih dari 3.000 orang dan berhasil memberikan pengalaman yang seru, heboh dan menyenangkan. Dan tidak lupa juga, benar-benar memberikan dampak nyata pada pengembangan Tim, tidak hanya sekedar bersenang-senang saja.

Kunci Pelaksanaan Program Virtual Team Building Berkualitas

1. Immersive Virtual Experience

Tantangan utama dari pelaksanaan Virtual Team Building adalah harapan agar pelaksanaan kegiatan dapat menyamai keseruan pelaksanaan Team Building tatap muka. Oleh karena itu kami membuat program Virtual Team Building kami dengan mengedepankan konsep “Immersive Virtual Experience”.

Pelaksanaan Virtual Team Building umumnya menggunakan platform meeting online. Namun hal ini dapat membuat peserta resisten karena merasa sudah terlalu jenuh mengikuti meeting online. Oleh karena itu kami membuat tampilan Virtual Team Building berbeda dengan meeting online seperti biasanya. Kegiatan Virtual Team Building adalah momen istimewa yang harus berbeda dengan meeting online seperti saat bekerja. Jika kita membuat Virtual Team Building ini sama dengan meeting online biasanya, akan membuat peserta kurang bersemangat mengikutinya.

Dalam pelaksanaan Virtual Team Building kami, penggunaan virtual studio, Teknik broadcasting dan multimedia menjadi sebuah keharusan penting untuk membuat peserta mendapatkan pengalaman berbeda dari meeting online biasa. Dengan menambahkan software broadcast seperti OBS atau VMix dan kamera Digital, kita dapat mengatur tampilan dalam platform meeting online seolah layaknya berada di panggung yang sebenarnya. Dengan tampilan yang seolah nyata ini, maka peserta akan mendapatkan pengalaman virtual yang seolah nyata (Immersive Virtual Experience) dari kegiatan Virtual Team Building yang kita lakukan.

2. Menumbuhkan keterlibatan dan keterikatan (involvement & engagement) peserta

Tantangan yang cukup besar dari pelaksanaan Virtual Team Building adalah keterlibatan aktif peserta dalam seluruh rangkaian kegiatannya. Hal yang mungkin pertama kali terlintas saat peserta mendengar kegiatan Virtual Team Building adalah bayangan bahwa kegiatan ini hanya akan seperti kegiatan online lain dimana mereka bisa mengikuti secara pasif, hanya mendengarkan saja, bahkan tidak mengaktifkan kamera.

Kegiatan Virtual Team Building diharapkan dapat memberi manfaat bagi pengembangan Tim, seperti menumbuhkan rasa kebersamaan, momen untuk bersenang-senang, mengurangi stress dan tentu saja menumbuhkan Kerjasama dan kinerja Tim. Semua itu tidak akan dapat tercapai tanpa partisipasi aktif peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Untuk menanggulangi hal ini, kami melaksanakan beberapa tahapan pelaksanaan program bahkan sebelum kegiatan Virtual Team Building dilaksanakan. Peserta akan mengikuti serangkaian aktivias pendahuluan dalam fase Team Forming yang akan memberikan sense of Team Identity pada diri peserta dan tentu saja menumbuhkan antusiasme peserta untuk mengikuti secara aktif pelaksanaan programnya.

Kami menetapkan tolok ukur keberhasilan program Team Building dengan melihat dari partisipasi aktif peserta. Paling tidak 90% peserta mengaktifkan kamera, terlibat secara penuh dan hadir hingga penutupan program adalah tolok ukur keberhasilan kami. Dan semua sesi pelaksanaan Virtual Team Building yang kami lakukan berhasil mencapai target tersebut. Hal yang kami lakukan untuk menjamin hal ini adalah fasilitasi melekat pada tiap kelompok. Peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan lebih kurang 15 orang dan didampingi oleh fasilitator yang memandu kelompok.

Program Virtual Team Building - Team Journey Duage Management

Fasiltator yang memandu dinamika kelompok bahkan sejak sebelum pelaksanaan kegiatan Virtual Team Building akan mengatur alur pengalaman peserta, dengan tujuan utama membuat peserta terliat dan terikat aktif pada seluruh rangkaian acara. Fasilitator kami yang telah berpengalaman memandu program Team Buidling baik virtual maupun tatap muka dapat menjalankan peran ini dengan baik dan mengesankan.

3. Building sense of High Performing Team

Perlu kita akui bahwa pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada cara kita bekerja. Kebijakan WFH atau bekerja dari rumah yang ditetapkan oleh pemerintah memaksa Tim kita tiba-tiba menjadi Virtual Team. Pelaksanaan program Virtual Team Building tentu diharapkan dapat memberikan imbal balik (return of investmen) yang sesuai demi menunjang kinerja pencapaian target perusahaan. Dibalik pelaksanaan Virtual Team Building yang mengajak peserta bersenang-senang, menumbuhkan kebersamaan dan memberikan momen tak terlupakan, program ini tentu diharapkan juga dapat memberikan insight pembelajaran bagi pengembangan Tim perusahaan.

Kami merancang Program Virtual Team Building dengan format High Impact Team Project yang mengajak peserta untuk mengerjakan sebuah projek tim Bersama-sama. Kegiatna dibuat dengan format Misi atau simulasi yang harus dikerjakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota Tim. Pada saat saling bekerja sama, anggota Tim dapat belajar memahami aspek-aspek penting agar kinerja Tim seperti yang diharapkan antara lain; pentingnya  Clear Direction dalam pengerjaan tugas, pembuatan strategi yang efektif, pembagian peran untuk membagi pekerjaan, dan komunikasi yang jelas antar anggota Tim adalah pembelajaran yang dialami langsung oleh peserta saat melakukan aktivitas Virtual Team Building. Hal-hal ini adalah manfaat nyata yang langsung dirasakan oleh lebih dari 3.000 orang peserta Virtual team Building kami.

Pelaksanaan program Virtual team building juga dapat membuat peserta saling mengenal karakter dan cara kerja rekan satu Tim, terutama cara kerja virtual. Hal ini dapat membantu Tim untuk meningkatkan kinerja kelompok pada saat bekerja sehari-hari. Format kegiatan Virtual Team Building kami mengajak peserta untuk saling mengeluarkan ide dan pendapat, mendorong rekan satu Tim untuk mengeluarkan potensi terbaik dan mendengarkan pendapat rekan satu Tim demi keberhasilan kelompok.

Tiga hal tersebut adalah kunci keberhasilan kami dalam melaksanakan program Virtual Team Building yang benar-benar dapat memberikan manfaat nyata bagi pengembangan Tim klien-klien yang sudah menggunakan jasa kami.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang sama dari program Virtual Team Building kami, hubungi kami segera.

Tentang Duage Management

Duage Management, Provider spesialis Team Building & Team Development yang berdiri sejak tahun 2013 telah menangani beragam program Team Building & Team Development untuk berbagai macam perusahaan dengan jumlah peserta beragam mulai dari 10 hingga 1.000 orang.

Pada masa pandemi ini, Duage Management bertransformasi untuk memberikan layanan Virtual Team Building yang benar-benar membangun Tim Anda sehingga dapat mendukung pencapaian visi, misi dan target perusahaan. Kami percaya bahwa kesuksesan perusahaan sangat bergantung pada Kerjasama dan kinerja seluruh Tim di perusahaan Anda.

Kami memiliki tiga program Virtual Team Building unggulan yaitu Virtual Team Journey, Virtual Team Quiz dan Virtual Team Escape. Semua program Virtual Team Building kami sangat seru untuk dilakukan bersama dengan anggota Tim Anda.

Program ini kami rancang dengan sangat interaktif yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh peserta. Kami menjamin tumbuhnya keterikatan dan keterlibatan (involvement & engagement) dari seluruh peserta dalam rangkaian program Virtual Team Building kami.

Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program Virtual Team Building yang kami miliki. Atau klik tautan dibawah untuk melihat jenis program Team Building Virtual yang kami miliki.

3 Kunci Program Virtual Team Building berkualitas sebagai solusi untuk membangun Tim Anda bangkit kembali dari Pandemi.

Program Virtual Team Building

Beragam program Virtual Team Building yang kami desain sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa ‘keterhubungan’ antar anggota Tim yang akan meningkatkan Teamwork Tim Anda.

© 2007-2021PT. Duage Manajemen Indonesia
WhatsApp Chat Dengan WhatsApp

Log in with your credentials

Forgot your details?