Pentingnya kerjasama yang baik dalam tim.

ilustrasi kerjasama tim

Kita sudah paham bahwa manusia perlu kerjasama tim untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun faktanya, manusia adalah makhluk yang unik. Manusia memiliki kepribadian yang berbeda, selera, nilai-nilai yang dianut, gaya berkomunikasi, sikap hingga perilaku yang beragam.

Dengan segala perbedaan tersebut, membentuk sebuah tim bukanlah sebuah perkara mudah. Apabila tidak dilakukan dengan benar, maka sebuah tim tidak akan mempu mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Kerjasama tim dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gallup (2017), sebuah tim yang tidak dikelola dengan baik memiliki tingkat produktivitas 50% lebih rendah serta tingkat keuntungan perusahaan 44% dibawah tim yang dikelola dengan baik¹.

Penelitian lain dilakukan oleh Prof. John Kotter & Prof. James Heskett pada tahun 1992² terhadap lebih dari 200 perusahaan tentang bagaimana budaya perusahaan mempengaruhi performa keuangan mereka. Kotter & Heskett memaparkan data hasil penelitiannya sebagai berikut:

  • Perusahaan dengan budaya yang baik menghasilkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 682% berbanding 166% dibandingkan dengan perusahaan lain
  • Mereka juga menghasilkan pertumbuhan jumlah karyawan sebesar 282% dibandingkan perusahaan lain yang hanya 36%
  • Mereka mengalami pertumbuhan harga saham sebesar 901% jika dibandingkan perusahaan lain yang hanya 74%
  • Yang paling ekstrim, perusahaan dengan budaya yang baik merasakan peningkatan keuntungan bersih sebesar 756% jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang hanya merasakan peningkatan sebesar 1%!

Oleh karena itu penting bagi setiap organisasi pada umumnya, serta para jajaran pimpinan pada khususnya untuk memahami bagaimana membentuk sebuah tim dengan performa yang tinggi atau sering dikenal dengan istilah “High Performing Team”.

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan atau kegagalan sebuah perusahaan ditentukan oleh tingkat efektifitas dalam membangun tim.

Artikel Terkait :   Mengapa kita membutuhkan Team ?

Pustaka :
¹ http://govitru.com/workplace-statistics/
² https://www.forbes.com/sites/johnkotter/2011/02/10/does-corporate-culture-drive-financial-performance/#3a8236937e9e

Credit Images : Rawpixel – Freepik.com

Belum ada komentar

Apa pendapat Anda ?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

© 2007-2017 PT. Duage Manajemen Indonesia
WhatsApp Chat Dengan WhatsApp

Log in with your credentials

Forgot your details?