Who You Are, Who Am I ? – Yuk, kenali peran kita di dalam Team

Who You Are, Who Am I ? - Yuk, kenali peran kita di dalam Team

Pada hakekatnya kita adalah mahluk sosial yang membutuhkan orang lain. Sejak jaman pra-sejarah manusia sudah hidup berkelompok untuk dapat bertahan hidup di alam liar. Berkelompok untuk mencukupi kebutuhan makan dan mengatasi ancaman hewan buas. Manusia pra-sejarah dengan cara sederhana telah memiliki pembagian peran dalam kelompok. Sama halnya dengan kita yang hidup di jaman modern seperti saat ini. Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan personal maupun profesional.

Secara khusus di lingkungan pekerjaan, kita membutuhkan teamwork. Kenapa teamwork sangat dibutuhkan di lingkungan kerja? Karena meski kita memiliki tanggung jawab sendiri, kita merupakan bagian dari organisasi. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi.

Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama. Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork.

Setiap anggota tim memiliki potensi pribadi yang dapat diandalkan tim untuk meraih goal bersama. Untuk itulah pembagian peran berdasarkan potensi anggota menjadi sangat penting.

Dr. Meredith Belbin memperkenalkan dinamika kelompok dengan melihat perbedaan peran dari masing-masing anggota kelompok. Dalam kelompok, anggota dapat memberikan kontribusinya sesuai dengan peran.

Peran-peran tersebut adalah:

  • Coordinator (mengkoordinir, mengontrol, mengarahkan diskusi, memecahkan konflik, memotivasi dan melibatkan anggota)
  • Shaper (biasa disebut action-man, cenderung tegas dan lugas, ingin segera menyelesaikan tugas, task-oriented, tidak sabar, reaktif dan kurang mau mengerti orang lain),
  • Plant (creatif, banyak ide, senang merencanakan sesuatu dengan matang, berusaha mencari alternatif pemecahan baru),
  • Monitor Evaluator (seorang quality controller, kritis, suka menilai dan memantau, analisa tajam),
  • Implementer (pelaksana yang suka diberitahu detil mengerjakan suatu tugas, tidak suka perubahan),
  • Team worker (interaksi sosial baik, pandai bergaul, dapat membaca perasaan orang lain dan membangun suasana),
  • Resorce Investigator (pencari referensi, bergaul dengan kelompok eksternal, pandai membangun jaringan kerjasama),
  • Completer (penuntas pekerjaan, pemerhati deadline, sistematis, detil pekerjaan diikuti dengan tekun),
  • Specialist (ahli dalam bidang tertentu yang dibutuhkan kelompok).

Dalam membangun suatu kelompok kerja, ia menyebutkan bahwa paling tidak terdapat tiga anggota yang dapat memerankan tiga peran utama, yakni; Coordinator, Plant dan Monitor, kemudian yang lain komposisinya sebagai Implementer, Team worker, Resource Investigator, Compliter dan Specialist.

Setelah membaca artikel ini kira-kira dimana peran kita dalam tim?

Referensi : 

Credit Images : Freepik blended with our creative ideas 🙂

© 2013-2024PT. Duage Manajemen Indonesia

Log in with your credentials

Forgot your details?